Rogjes
wisata di purwerejo

Inilah 5 Destinasi Wisata di Purworejo yang Sangat Terkenal !

Jika anda sedang bermain di Purworejo, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menakjubkan di kota ini. Mulai dari wisata alam, sejarah, dan hanya sekedar rekreasi keluarga di sana sangat banyak. Namun, di sini saya akan mencoba merangkumnya menjadi 5 Destinasi Wisata di Purworejo yang Sangat Terkenal

5 Destinasi Wistaa di Purwerejo

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota purwerejo, sayang sekali jika kamu harus melewatkan destinasi wisata di purwerejo yang sangat terkenal dan terbaik ini. Berikut adalah 5 destinasi wisata di purwerejo. Selamat berkunjung kesana

  1. Museum Tosa Aji

wisata di purwerejo

Museum Tosan Aji adalah rekomendasi bagi wisatawan yang menyukai sejarah. Museum ini adalah wisata yang menyuguhkan koleksi sejarah, diantaranya Keris atau disebut juga Tosan Aji. Tosan Aji adalah salah satu hasil budaya peninggalan nenek moyang untuk dijadikan identitas daerah tersebut. Jika anda memasuki museum itu, anda akan disuguhkan beberapa ruangan yang bernuansa sejarah kota ini.

Museum ini diresmikan pada tahun 1987 oleh Bapak Ismail. Museum yang awalnya bertempat di Pendopo Kawedanan Kuorajo, kini dipindahkan ke kota Purwerejo pada tahun 2001 oleh Pemerintah Kabupaten. Pengunjung tidak perlu bayar mahal untuk melihat-lihat koleksi dari museum ini. Cukup dengan Rp 1.000,00 pengunjung dapat menikmati wisata bernuansa sejarah ini.

2. Curug Muncar

wisata di purwerejo

Selanjutnya bagi anda yang menyukai wisata bernuansa alam, sebaiknya anda mengunjungi Curug Muncar ini. Curug muncar yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah ini dilengkapi dengan adanya air terjun dengan tinggi mencapai 900 meter dari atas permukaan laut.

Curug Muncar yang berjarak sekitar 45 Km dari pusat kota, atau lebih tepatnya terletak di Kecamatan Bruno desa Kaliwungu. Untuk menuju Curug ini, anda harus melakukan trekking yang cukup lumayan dan dapat memakan waktu sekitar 30 menit lamanya. Namun, dengan pemandangan yang ada di Curug Muncar ini, saya rasa semuanya akan terbayar lunas, dari mulai tenaga, dll.

Baca Juga :  8 Destinasi Wisata di Kaliurang Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 2 ribu saja, namun jika datang dengan kendaraan roda dua, wajib membayar parkir sebesar Rp 2 ribu.

  1. Benteng Mendem

wisata di purwerejo 1

Mungkin bagi sebagian orang, nama Benteng Mendem adalah nama tempat wisata yang sudah sering terdengar. Benteng Mendem ini dulunya terletak di pusat kota Purworejo dan sempat dijadikan pangkalan militer pada masa penjajahan Jepang dulu. Namun, kini Benteng Mendem dijadikan tempat rekreasi bernuansa sejarah lainnya.

Benteng Mendem ini memiliki ketinggian 200 meter di atas permukaan laut dengan jumlah benteng sebanyak 29 buah. Benteng yang di bangun pada tahun 1945 oleh Pemerintahan Jepang ini dulunya sering dimanfaatkan sebagai tempat bertahan dan tempat pengintaian. Meskipun kondisi benteng ini kurang begitu terawat. Pengunjung masih bisa menikmati nuansa sejarah yang ada di sini.

  1. Pantai Ketawang

wisata di purwerejo

Jika anda menyusuri pesisir selatan Kabupaten Purworejo, tentunya anda tidak boleh melewatkan Pantai Ketawang yang kini bisa menggaet hingga beribu-ribu pengunjung. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Grabag desa Ketawangrejo. Pantai ini dapat di tempuh dengan jarak 22 km bila dari pusat kota. Objek wisata ini menyajikan pemandangan yang masih natural dan indah.

Di waktu tertentu, anda akan dapat menikmati perlombaan kuda pacu yang sering diselenggarakan oleh penduduk setempat. Itu pun jika anda beruntung. Dan jika anda ingin berkunjung ke Pantai Ketawang ini, anda tidak perlu merogohkocek uang dengan banyak.

  1. Curug Silangit

wisata di purwerejo

Curug Silangit merupakan objek wisata yang dapat anda jangkau dengan mudah. Anda dapat mengunjunginya dengan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Tempat ini berada di Kecamatan Kalesing.

Yang menarik dari curug ini yaitu dengan adanya 3 tingkatan curug, dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut. Pada tingkat pertama memiliki ketinggian 30 meter, sementara tingkat kedua dan ketiga masing-masing memiliki ketinggian 10 meter. Bila anda tidak bisa berenang, disarankan untuk berjalan-jalan saja di tepian curug. Karena curug ini memilik kedalaman yang cukup lumayan.

Baca Juga :  8 Destinasi Wisata di Kaliurang Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda cukup membawa uang sekitar Rp 5.000,00 untuk tiket dan parkir kendaraan

Demikianlah referensi tempat wisata di Purworejo yang bisa saya sajikan. Destinasi yang direkomendasikan di atas, tentunya tidak akan membuat anda menyesal karena telah memilihnya. Selamat mencoba.

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.