Rogjes

Menjadi Enterpreneur itu Keren “Kata siapa?”

Hampir setiap orang bermimpi untuk menjadi seorang enterpreneur. Bahkan ketika saya mewawancarai 10 orang teman tentang : “ingin jadi apa setelah lulus kuliah?”, 8 dari mereka menjawab ingin menjadi seorang enterpreneur.

Menjadi enterpreneur itu keren katanya, tetapi keren yang kebanyakan orang lihat berdasarkan penghasilan dan materi yang para enterpreneur miliki saat ini. Enterpreneur terlihat keren karena mereka tidak perlu bekerja untuk uang, tetapi membuat uang bekerja untuk mereka. Hal seperti ini lah yang dilihat sebagai sisi keren dari enterpreneur oleh kebanyakan orang.

Tetapi sisi keren seorang enterpreneur menurut saya bukanlah itu. Sisi keren yang sekaligus menjadi pelajaran untuk diri saya pribadi adalah ketika seorang enterpreneur berjuang dari titik 0 dan belum memiliki apa – apa untuk dibilang keren. Hal ini lah yang sering orang abaikan. Mereka terlalu fokus melihat permukaan yang sekarang dibanding lembah perjuangan sebelum menjadi sukses.

Sebelum membahas ke sisi keren enterpreneur, saya ingin membagikan pengalaman dan kesan tentang Pameran Expo UKM Istimewa 2019 yang diselenggarakan oleh PLUT-KUMKM DI Yogyakarta dan Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta

Kesan Pameran Expo UKM Istimewa 2019 – PLUT JOGJA

Dari kemarin saya ingin mengunjungi pameran ini, tetapi kemarin saya salah lokasi. Saya datang ke balai kota Yogyakarta, dan ternyata tempatnya bukan di situ. Akhirnya saya bertanya kepada petugas di situ terkait lokasi Dinas Koperasi UKM D.I.Y, lalu saya mendapatkan informasi bahwa lokasinya di dekat JEC. akhirnya saya mencoba menuju lokasi itu, dan ternyata salah lagi haha.

Akhirnya saya buka lagi instagram @plutjogja saya mendapati sebuah story yang berlokasi di CIS – Jogja. Akhirnya saya mengunjungi CIS jogja dengan bantuan google maps. Tetapi waktu terlalu sore dan acara pameran hari itu sudah selesai. Hari itu saya gagal mengunjungi pameran, namun tidak pernah patah semangat, saya memutuskan besoknya pasti saya akan datang ke pameran itu.

Hari ini tepatnya tanggal 15 Februari 2019, saya mengunjungi pameran Expo UKM Istimewa 2019. Saya datang pagi sekitar jam 9 dan langsung menyimak terkait pembicaraan tentang UKM naik kelas.

Baca Juga :  7 Cara Diet dengan Herbalife yang Terbukti Efektif!

Pembahasannya sangat bermanfaat, terutama untuk mahasiswa seperti saya yang selalu punya impian untuk membuka lapangan kerja yang layak di desa tempat saya berasal.

Lalu saya berkeliling di pameran tersebut, banyak sekali produk – produk yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya abadikan sebagai foto untuk nanti bisa saya gunakan sebagai sumber inspirasi dalam membuat produk di desa kelahiran saya.

Acaranya keseluruhan sangat bermanfaat, tetapi saya harus meninggalkan tempat sebelum jam 12 karena terpotong jumatan dan kuliah. Sukses terus untuk acara – acara yang di selenggarakan oleh PLUT jogja.

MENJADI ENTERPRENEUR ITU KEREN

Sisi keren enterpreneur menurut saya adalah sebagai berikut :

1. IMPIAN

Setiap orang memiliki impian untuk menjadi pengusaha, dokter, programer, dan jenis pekerjaan yang dianggap sukses lainnya. Tetapi berapa orang yang memiliki tekad untuk mewujudkan impian tersebut ?

Menurut saya sisi keren dari enterpreneur adalah mereka mampu mempertahankan impian mereka dan berkomitmen serta bertekad untuk mewujudkannya apapun yang terjadi.

Hal ini mengingatkan saya pada kisah Edwin C. Barnes yang bermimpi bermitra bisnis dengan pak Edinson. Ia memulai langkahnya dengan bekerja menjadi bawahan pak Edinson selama 4 tahun. Selama 4 tahun bekerja pada pak edinson Impiannya tidak pernah berubah, ia tetap bertekad untuk menjadi mitra bisnis pak Edinson, bukan karyawannya. Karena sejak awal ia bekerja pada pak Edinson, ia sudah siap untuk mejadi rekan bisnisnya. Barnes menganggap pekerjaannya itu adalah suatu langkah yang mendekatkan ia pada impiannya, yaitu bermitra dengan pak Edinson. Ia tidak menyerah dan mengganti impiannya walau harus bekerja selama 4 tahun terlebih dahulu sebelum benar – benar menjadi mitra bisnis pak Edinson

Apapun kondisi yang terjadi dalam kehidupan ini seorang enterpreneur tetap berpegang teguh pada impiannya. Impian seorang enterpreneur bukan melulu untuk memperkaya diri sendiri. Tetapi untuk mensejahterakan masyarakat, dan menyediakan apa yang masyarakat butuhkan.

2. KEYAKINAN

Setiap enterpreneur yang sukses, memiliki sebuah keyakinan yang kuat sebelum ia memutuskan untuk benar – benar menjadi seorang enterpreneur. Keyakinan adalah fondasi utama para enterpreneur dalam mencapai tujuannya.

Baca Juga :  STOP PMO : Bahaya Pornografi Pada Otak, Kamu Harus Tau!!

Tanpa keyakinan, semua rencana keuangan, produksi, dan pemasaran tidak akan tersusun dan berjalan dengan baik. Karena keyakinan lah semua yang diyakini akan berhasil, maka akan terwujud.

Sikap ini lah yang membuat enterpreneur sangat keren, karena tidak semua orang dapat memiliki keyakinan untuk melangkah. Bahkan banyak orang yang sudah pesimis terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan (kalah sebelum berperang).

3. INGIN TERUS BELAJAR

Seorang enterpreneur selalu ingin belajar apa yang ia butuhkan. Karena ia paham bahwa pengetahuan khusus yang mendalam akan membantu mewujudkan impiannya.

Hal ini mengingatkan saya kepada Bill Gates, yang keluar dari unversitas demi belajar apa yang ia butuhkan untuk mencapai impiannya sebagai pengusaha perangkat lunak.

Kampus dan Fakultas – fakultas hanya mengajarkan pengetahuan umum yang meluas, tetapi tidak mengajarkan bagaimana cara menggunakan pengetahuan tersebut. Itulah sebabnya banyak sarjana yang menganggur ketika lulus, karena mereka tidak pernah diajari cara menggunakan pengetahuan tersebut.

Tetapi seorang enterpreneur memiliki kepekaan terhadap hal ini. Sehingga mereka berani untuk keluar dari zona nyaman dan belajar lebih banyak tentang kewirausahaan di luar pendidikan formal.

Mereka tahu ilmu yang mereka butuhkan, mereka tau cara menggunakan pengetahuan dalam kehidupan, dan mereka mau belajar tentang hal apapun selagi itu bermanfaat untuk kehidupannya, tidak peduli berapapun usianya sekarang.

4. MERENCANAKAN TUJUAN

Pengetahuan tidak lebih dari setumpuk pasir di pantai, mereka tidak berguna sama sekali, kecuali pengetahuan tersebut digunakan untuk tujuan yang pasti dan perencanaan yang terorganisir.

Seorang enterpreneur mampu menyederhanakan tujuan menjadi serpihan – serpihan rencana untuk dilakukan setiap harinya. Mereka berani mengambil resiko untuk menjalankan rencana tersebut. Karena mereka percaya

Penakut tidak pernah menang, dan pemenang tidak pernah takut

Dari keputusan rencana – rencana tersebut mereka mempertimbangkan tindakan, resiko, dan keuntungan yang didapatkan jika melakukannya.

Itulah yang membuat enterpreneur keren, dibandingkan dengan kebanyakan orang yang hanya mengandai – ngandai untuk menajdi sukses. Enterpreneur langsung mengambil langkah menyusun rencana untuk sukses

5. MEMBENTUK KERJASAMA TIM

Seorang enterpreneur tidak dapat mewujudkan keinginannya tanpa bantuan dari orang lain. Enterpreneur yang sukses tentu didukung oleh tim yang solid dan harmonis dalam pekerjaan. Untuk membentuk tim yang harmonis tentu diperlukan gaya kepemimpinan yang hebat dari seorang enterpreneur

Baca Juga :  what year was asbestos banned in popcorn ceilings

Tanpa kepemimpinan dan intruksi yang jelas dari seorang enterpreneur maka tim yang bekerja dalam usaha tersebut akan berantakan dan tidak terarah. Kepemimpinan harus diciptakan dengan keharmonisan dan wibawa, bukan dengan paksaan atau ketakutan dari anggota tim lainnya.

Hal ini lah yang membuat enterpreneur sangat keren di mata saya, karena mereka mampu membangun keharmonisan di dalam tim serta siap mengubah rencana – rencana yang kurang efektif bersama dengan jajaran anggotanya.

6. BERBAGI

Banyak enterpreneur sukses yang ikut serta dalam kegiatan amal kemasyarakatan. Contoh yang paling jelas adalah Bill Gates yang membuka yayasan amal bersama istrinya sejak dulu hingga sekarang. Para enterpeneur yang ikut serta dengan gerakan amal bukan karena kebingungan menghabiskan uang mereka untuk apa, tetapi mereka memahami satu hukum, yaitu hukum memberi.

Seperti hukum yang di jelaskan oleh sir Issac Newton sebuah aksi akan menimbulkan reaksi berlawanan yang sejenis. Begitupun hukum memberi. Sebuah aksi (memberi) akan menimbulkan reaksi berlawanan (menerima) yang sejenis.

Jadi sebelum mendapatkan kesuksesan para enterpreneur selalu berbagi dengan masyarakat. Sesuatu yang dibagikan bukan hanya berupa uang, tetapi berupa motivasi, semangat, jasa, dan kepedulian mereka terhadap sesama manusia.

Menjadi Enterpreneur Itu Keren : Penutup

Itu dia hal yang membuat enterpreneur di mata saya begitu keren. Bukan keren karena semua kesuksesan yang terlihat di permukaan sekarang. Tetapi keren yang dilihat dari sisi perjuangan, keuletan, kegigihan, kasih sayang, dan cinta yang mereka berikan untuk mewujudkan impiannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kita untuk mencapai impian yang kita inginkan. Apapun itu, semua impian wajib diberi napas kehidupan melalui kopi untuk menghasilkan rencana yang matang dan tindakan yang nyata. salam hangat dan bahagia (suwanto, lomba blog @plutjogja 15 Februari 2019)
#ukmistimewa #entrepreneuritukeren #dinaskopukmdiy #plutjogja

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.