Rogjes
manfaat seblak

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari, Kamu Harus Tau!

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari, Kamu Harus Tau! -Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi seblak setiap hari. Alangkah lebih baiknya kamu harus mengetahui bahaya mengkonsumsi seblak setiap hari, kandungan gizi seblak, resep seblak sehat, dan manfaat seblak untuk kesehatan kamu. Sehingga kamu dapat mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari bahayanya.

Seblak tentu saja memiliki tekstur yang kenyal, rasa yang pedas dan juga gurih. Seblak merupakan jajanan khas bandung atau jawa barat yang terbuat dari kerupuk tepung tapioka yang direbus. Kerupuk yang pada dasarnya bertekstur garing dan renyah, kini telah diolah sedemikian rupa dan dibumbui hingga teksturnnya menjadi kenyal dan lembek. Biasanya seblak disajikan berserta kuah dan bumbu – bumbu pedas yang menggoda lidah penikmatnya.

bahaya makan seblak setiap hari

Campuran dalam seblak sangat banyak sekali dan beragam. Diantaranyanya bakso, sosis, daun bawang, telur, jamur, ceker ayam, tulang ayam, sayap ayam, brokoli dan masih banyak lagi. Berikut adalah toping seblak terbaik yang dapat kamu coba.

Toping Seblak :

  • bakso
  • siomay
  • kikil
  • ceker
  • tetelan tulang ayam
  • sosis
  • kwetiaw
  • jamur
  • brokoli
  • lidah ayam
  • kepala ayam

 

Namun ditengah kenikmatan yang ditawarkan. Bahwa mungkin saja terdapat manfaat seblak juga bahaya dibalik kelezatan seblak yang kamu konsumsi setiap hari.?

Dewasa ini beredar sebuah berita yang menyebar di media sosial, mengenai sakit yang dialami seorang anak asal Bandung. Anak itu diberitakan telah memakan jajanan seblak hampir setiap hari. Hingga pada akhirnya anak tersebut dikabarkan mengalami sakit perut. Dan kemudian setelah diperiksakan anak tersebut sakit usus buntu dan khawatir menyebar ke rahim.

Tentu saja dengan terjadinya kasus tersebut reputasi seblak yang sebelumnya menjadi makanan hits dan banyak dikonsumsi orang setiap hari kini semakin anjlok. Anak tersebut didiagnosa mengalama penyakit usus buntu. Sang dokter mengklaim kalau kerupuk mentah yang disimpan dalam air dan berbah menjadi kenyal tanpa hancur sama sekali bisa menjadi penyebab utama dari usus buntu. Makanan itu kemudian masuk ke dalam usus dan mengusif fungsi usus tersebut.

Baca Juga :  Menu Diet Puasa yang Terbukti Efektif Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi seblak dapat memberikan manfaat dan juga bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa manfaatnya seperti mencegah kanker, menghilangkan stres dan menjaga menurunkan berat badan. Kandungan gizi dalam makanan ini juga cukup banyak, sehingga beguna untuk kesehatan apalagi jika kamu mengkonsumsinya dengan baik dan benar.

Karena seblak dibuat dengan kerupuk mentah yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu repah – rempah lainnya dan penyedap rasa tentu saja seblak memiliki banyak sekali bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak apa saja sih manfaat dan bahaya jika mengkonsumsi seblak secara berlebihan.

Bahaya Makan Seblak Setiap hari

Berikut Adalah Bahaya Makan Seblak Setiap Hari :

Seperti halnya makanan lain pada umumnya, seblak juga memiliki bahaya pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi seblak secara berlebihan dapat merugikan kesehatan dalam tubuhmu. Bahaya Makan seblak Setiap hari dan terlalu sering ternyata sangat berdampak buruk pada kesehatan. Berikut adalah bahaya yang terkandung dalam makanan seblak yang jika setiap hari konsumsi :

Kerupuk Mentah

Seperti yang dikatakan oleh dokter dalam kasus seblak diatas. Bahwasanya kerupuk mentah yang hanya direndam menggunakana air panas, dan mengembang menjadi lembek (tidak hancur). Dapat mengendap di dalam usus dan mengganggu kinerja usus kamu. Maka dari itu ketika mengkonsumsi seblak hari diberikan jangka waktu, agar endapat seblak dalam usus dapan dikeluarkan secara teratur.

Penyedap Rasa (MSG / Micin)

Banyak sekali makanan atau jajanan di indonesia yang mengandung penyedap rasa yang sangat berlebihan. MSG MSG diketahui memicu terjadinya ketidak-seimbangan senyawa kimia dalam otak dan bisa mengganggu fungsi normal organ tersebut.

Meskipun MSG telah digolongkan ke dalam bahan makanan yang aman, penggunaannya masih kontroversial. Banyaknya laporan efek samping menjadi salah satu alasannya. Berikut ciri-ciri yang bisa kamu alami saat kelebihan makan MSG:

Baca Juga :  Resep Puding Roti Tawar Enak, Lezat, dan Sehat

#1 Sakit kepala

#2 Kulit memerah

#3Mudah berkeringat

#4 Kesemutan atau mati rasa di daerah wajah

#5 Denyut jantung tidak beraturan

#6 Jantung berdebar-debar

#7 Nyeri dada

#8 Mual

#9 Tubuh terasa lemas

Lanjut Baca di Halaman berikutnya : Klik Disini

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.