Rogjes
manfaat seblak

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari, Kamu Harus Tau!

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari

Manfaat Seblak, dan Bahaya Makan Seblak Setiap Hari, Kamu Harus Tau! -Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi seblak setiap hari. Alangkah lebih baiknya kamu harus mengetahui bahaya mengkonsumsi seblak setiap hari, kandungan gizi seblak, resep seblak sehat, dan manfaat seblak untuk kesehatan kamu. Sehingga kamu dapat mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari bahayanya.

Seblak tentu saja memiliki tekstur yang kenyal, rasa yang pedas dan juga gurih. Seblak merupakan jajanan khas bandung atau jawa barat yang terbuat dari kerupuk tepung tapioka yang direbus. Kerupuk yang pada dasarnya bertekstur garing dan renyah, kini telah diolah sedemikian rupa dan dibumbui hingga teksturnnya menjadi kenyal dan lembek. Biasanya seblak disajikan berserta kuah dan bumbu – bumbu pedas yang menggoda lidah penikmatnya.

bahaya makan seblak setiap hari

Campuran dalam seblak sangat banyak sekali dan beragam. Diantaranyanya bakso, sosis, daun bawang, telur, jamur, ceker ayam, tulang ayam, sayap ayam, brokoli dan masih banyak lagi. Berikut adalah toping seblak terbaik yang dapat kamu coba.

Toping Seblak :

  • bakso
  • siomay
  • kikil
  • ceker
  • tetelan tulang ayam
  • sosis
  • kwetiaw
  • jamur
  • brokoli
  • lidah ayam
  • kepala ayam

 

Namun ditengah kenikmatan yang ditawarkan. Bahwa mungkin saja terdapat manfaat seblak juga bahaya dibalik kelezatan seblak yang kamu konsumsi setiap hari.?

Dewasa ini beredar sebuah berita yang menyebar di media sosial, mengenai sakit yang dialami seorang anak asal Bandung. Anak itu diberitakan telah memakan jajanan seblak hampir setiap hari. Hingga pada akhirnya anak tersebut dikabarkan mengalami sakit perut. Dan kemudian setelah diperiksakan anak tersebut sakit usus buntu dan khawatir menyebar ke rahim.

Tentu saja dengan terjadinya kasus tersebut reputasi seblak yang sebelumnya menjadi makanan hits dan banyak dikonsumsi orang setiap hari kini semakin anjlok. Anak tersebut didiagnosa mengalama penyakit usus buntu. Sang dokter mengklaim kalau kerupuk mentah yang disimpan dalam air dan berbah menjadi kenyal tanpa hancur sama sekali bisa menjadi penyebab utama dari usus buntu. Makanan itu kemudian masuk ke dalam usus dan mengusif fungsi usus tersebut.

Mengkonsumsi seblak dapat memberikan manfaat dan juga bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa manfaatnya seperti mencegah kanker, menghilangkan stres dan menjaga menurunkan berat badan. Kandungan gizi dalam makanan ini juga cukup banyak, sehingga beguna untuk kesehatan apalagi jika kamu mengkonsumsinya dengan baik dan benar.

Karena seblak dibuat dengan kerupuk mentah yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu repah – rempah lainnya dan penyedap rasa tentu saja seblak memiliki banyak sekali bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak apa saja sih manfaat dan bahaya jika mengkonsumsi seblak secara berlebihan.

Bahaya Makan Seblak Setiap hari

Berikut Adalah Bahaya Makan Seblak Setiap Hari :

Seperti halnya makanan lain pada umumnya, seblak juga memiliki bahaya pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi seblak secara berlebihan dapat merugikan kesehatan dalam tubuhmu. Bahaya Makan seblak Setiap hari dan terlalu sering ternyata sangat berdampak buruk pada kesehatan. Berikut adalah bahaya yang terkandung dalam makanan seblak yang jika setiap hari konsumsi :

Baca Juga :  Menu Diet Puasa yang Terbukti Efektif Menurunkan Berat Badan

Kerupuk Mentah

Seperti yang dikatakan oleh dokter dalam kasus seblak diatas. Bahwasanya kerupuk mentah yang hanya direndam menggunakana air panas, dan mengembang menjadi lembek (tidak hancur). Dapat mengendap di dalam usus dan mengganggu kinerja usus kamu. Maka dari itu ketika mengkonsumsi seblak hari diberikan jangka waktu, agar endapat seblak dalam usus dapan dikeluarkan secara teratur.

Penyedap Rasa (MSG / Micin)

Banyak sekali makanan atau jajanan di indonesia yang mengandung penyedap rasa yang sangat berlebihan. MSG MSG diketahui memicu terjadinya ketidak-seimbangan senyawa kimia dalam otak dan bisa mengganggu fungsi normal organ tersebut.

Meskipun MSG telah digolongkan ke dalam bahan makanan yang aman, penggunaannya masih kontroversial. Banyaknya laporan efek samping menjadi salah satu alasannya. Berikut ciri-ciri yang bisa kamu alami saat kelebihan makan MSG:

#1 Sakit kepala

#2 Kulit memerah

#3Mudah berkeringat

#4 Kesemutan atau mati rasa di daerah wajah

#5 Denyut jantung tidak beraturan

#6 Jantung berdebar-debar

#7 Nyeri dada

#8 Mual

#9 Tubuh terasa lemas

Garam

Sama seperti halnya MSG banyak sekali makanan indonesia yang mengandung garam. Garam memang baik jika dikonsumsi sesuai kebutuhan gizi. Tetapi garam juga bisa menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. kenali tanda-tanda kelebihan konsumsi garam berikut ini:

  1. Merasa haus terus-menerus.
  2. Rentan dehidrasi.
  3. Pembengkakan di area wajah atau sendi.
  4. Terlalu sering kencing atau buang air kecil.
  5. Kamu yang sudah ketagihan garam, akan semakin tidak suka mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.
  6. Mengalami maag yang memburuk seiring waktu.
  7. Dalam kondisi yang parah dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Maka dari itu kamu harus mengetahui batas mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Berikut adalah manfaat garam untuk kesehatan

Kerupuk

Kerupuk adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat seblak. Saat mengonsumsi kerupuk, amati warna dan kekenyalannya. Kamu perlu berhati-hati saat mengonsumsi kerupuk dengan warna yang terlalu terang dan mencolok. Untuk lebih aman, konsumsi kerupuk tanpa pewarna. Makanan berbahan tapioka tidak mengandung banyak nutrisi. Selain itu, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak membuat tubuhmu lebih sehat.

Cabai Rawit

Bahaya cabai dapat muncul ketika seseorang menyantapnya dalam jumlah yang berlebihan sehingga mengakibatkan keluhan kesehatan yang mengganggu aktivitas. Cabai merupakan pelengkap bumbu masakan yang kaya manfaat. Selain dapat meningkatkan ciytarasa sebuah masakan ternyata cabai dapat menyehatkan sirkualsi darah, Meningkatkan nafsu makan, Mempermudah seseorang untuk tidur lelap dengan cepat dan lain lain.

Akan tetapi, konsumsi cabai yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Gangguan pencernaan berikut ini bisa kamu alami jika terlalu sering mengonsumsi makanan pedas:

  • Mengiritasi jaringan lambung
  • Memperparah kondisi maag atau gastritis
  • Memicu terjadinya diare
  • Nyeri perut

Itu dia seputar wawasan tentang bahaya makan seblak setiap hari. Maka dari itu jika ingin mengkonsumsi makanan alangkah lebih baiknya ketahui dulu kandungan gizi makanan tersebut dan sesuaikan dengan keperluan gizi kita. Memakan seblak sah – sah saja namun dengan porsi yang dianjurkan oleh pihak kesehatan. Yaitu satu minggu satu kali.

Baca Juga :  19 Resep Dan Cara Membuat Roti Bakar Yang Praktis, Mudah Dan Enak

Untuk menghindari bahaya makan seblak setiap hari, kamu bisa mencoba resep seblak sehat dan sehat dan enak dibawah ini loh.

Resep Seblak Sehat dan Enak :

manfaat seblak

Resep Seblak Sehat dan Enak

Resep Seblak Sehat dan Enak : #Bahan – Bahan

 

  • 1/2 kg kerupuk udang kecil kecil
  • 1 buah wortel
  • 1 ikat sawi (sawi apa aja sesuai selera)
  • 3 buah sosis
  • 5 buah bakso
  • 1 butir telur ayam
  • 17 butir cabe (kalau kurang pedas boleh ditambah)
  • 4 cm ruas kencur
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Gula
  • Garam
  • Air secukupnya (kira-kira)

resep Seblak Sehat : #Langkah memasak

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus air. Setelah mendidih rendam kerupuk selama 5-10 menit
  3. Setelah empuk angkat kerupuk yg direndam air panas. Lalu rendam kerupuk di air biasa
  4. Selagi kerupuk di rendam di air biasa, haluskan bawang merah, putih, cabe dan kencur
  5. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan wortel yg sudah dipotong
  6. Lalu setelah wortel agak mateng masukkan bakso, sosis dan kerupuk yg sudah direndam air
  7. Tumis semuanya, aduk hingga rata. Lalu masukkan air secukupnya
  8. Masukkan sawi yg sudah dipotong lalu biarkan hingga mendidih
  9. Kocok lepas telur. Lalu masukkan ke tumisan tadi kor
  10. Koreksi rasa, tambahkan gula dan garam. Aduk aduk hingga rasanya tercampur rata
  11. Jika sudah agak mengental dan matang siap disajikan

Baca Juga : Resep Seblak Bandung Enak dan Mudah

Demikian Resep seblak sehat dan enak yang dapat kamu coba di rumah. Mudah – mudahan dengan resep seblak sehat dan enak di atas. Kamu beserta keluarga, teman – teman dapat terhindar dari bahaya makan seblak. Dengan mengkonsumsi seblak sehat dan enak. Kamu bisa merasakan manfaat sebak untuk kesehatan kamu. Berikut adalah manfaat seblak yang kamu dapatkan jika dikonsumsi dengan baik dan benar.

Manfaat Seblak

Mengkonsumsi seblak dapat memberikan manfaat dan juga bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa manfaatnya seperti mencegah kanker, menghilangkan stres dan menjaga menurunkan berat badan. Kandungan gizi dalam makanan ini juga cukup banyak, sehingga beguna untuk kesehatan apalagi jika kamu mengkonsumsinya dengan baik dan benar.

Karena seblak dibuat dengan kerupuk mentah yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu repah – rempah lainnya dan penyedap rasa tentu saja seblak memiliki banyak sekali bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak apa saja sih manfaat dan bahaya jika mengkonsumsi seblak secara berlebihan.

  1. Manfaat Seblak : #1 Mencegak kanker

Kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Baca lebih lengkap mengenai bahaya kanker disini : Bahaya kanker. Jika kamu mengkonsumsi seblak secara teratur kandungan yang ada di dalam seblak dan bumbunya mampu untuk memperlambat penyebaran sel kanker dalam tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi seblak sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gizi kamu

  1. Manfaat Seblak : #2 Menjaga Kesehatan jantung

Kandungan dalam seblak dapat membantu kesehatan jantung. Jika mengkonsumsi dengan tepat makanan ini akan menjaga organ jantung dan terlindungi dari gangguan penyakit lainnya

  1. Manfaat Seblak : #3 Melancarkan pernapasan

Jika anda mempunyai masalah dengan pernapasan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

  1. Manfaat Seblak : #4 Menurunkan tekanan darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Manfaat Seblak : #5 Mempercepat penyembuhan infeksi dan mencegahnya

Infeksi bisa disebabkan salah satunya karena faktor terjangkitnya bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya dapat dilakukan dengan cara banyak mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang terdapat pada makanan ini dipercaya mampu menyembuhkan infeksi lebih cepat.

Baca Juga :  10 Hari Turunkan Berat Badan, Dengan Menu Diet Saat Puasa Ini!

Baca lebih lanjut mengenai bahaya dan menyembuhkan infeksi disini :

  1. Manfaat Seblak : #6 Mengurangi stres

Stes disebabkan karena banyaknya pikiran disertai dengan rasa cemas yang mengganggu. Bisa dibilang stres adalah hal utama dari segala biang penyakit. Sehingga menghindari stres dapat menciptakan tubuh dan jiwa yang sehat bagi kamu.

Mengkonsumsi seblak dapat mengurangi stres karena aroma dari bumbu seblak yang menggoda, dan rasa seblak yang enak serta pedas dapat menurunkan tingkat ketegangan dan kesetresan. Selain dari manfaat makan seblak kamu jiga harus mengetahui kandungan gizi seblak dibawah ini.

Kandungan Gizi Seblak

Untuk mendapatkan manfaat seperti yang diatas ketika mengkonsumsi seblak, kamu harus memahami kandungan gizi seblak terlebih dahulu. Nutrisi adalah salah satu faktor penting yang menentukan apakah suatu makanan baik untuk dikonsumsi setiap hari secara rutin

Berikut rincian kandungan gizi seblak :

  • Total kalori sebesar 262 kkal yang berasal dari 43% lemak, 45% karbohidrat, dan 12% protein.
  • Kolesterol 121 mg.
  • Karbohidrat dari gula sebanyak 5,49 gram dan serat 4,5 gram.
  • Kandungan sodium 551 mg.
  • Kandungan kalium 472 mg.

 

Itu dia kandungan gizi seblak dan Dari data angka kecukupan gizi (AKG) tersebut, kamu bisa mengetahui bahwa kandungan kolesterol dan sodium dalam seblak cukup tinggi. Selain itu, kebutuhan nutrisimu juga tidak terpenuhi hanya dengan makan seblak. Seblak rendah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi kandungan kolesterol dalam minyak yang digunakan untuk menumis makanan ini. Semoga kandungan gizi seblak dapat bermanfaat dan menyehatkan kesehatanmu dan keluargamu

Itu dia seputar kasus yang pernah terjadi pada makanan seblak, Bahaya makan seblak setiap hari, resep seblak sehat yang dapat kamu coba dirumah dan aman dikonsumsi 3x dalam seminggu, dan kandungan gizi seblak. Semoga dengan mengetahui reseb seblak sehat dan kandungan gizinya, Kamu bisa terhindar dari bahaya makan seblak setiap hari dan mendapatkan manfaat seblak untuk kesehatan kamu

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.