Rogjes
tips donor darah

7 Manfaat, Syarat dan Tips mengenai Donor Darah

7 Manfaat, Syarat dan Fakta mengenai Donor Darah

Donor Darah – Mendonorkan darah adalah prosedur pemberian atau donasi darah secara sukarela dari masyarakat untuk tujuan transfusi darah kepada orang yang membutukan. Tetapi untuk melakukannya kamu harus memenuhi syarat donor darah yang telah ditentukan oleh PMI. Kamu akan mendapatkan Manfaat donor darah seperti tubuh yang sehat, lebih kebal dari penyakit dan masih banyak lagi manfaat lainnya jika kamu melakukan donor darah secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Darah adalah sesuatu yang dapat dengan mudah kita donasikan karena tubuh kita akan terus mengisi ulang untuk menggantikan jumlah darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang terus berputar dalam tubuh. Pada umumnya, tiap sel darah akan dipecah untuk kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Sebaliknya, darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Usia yang pendek ini berarti donor darah selalu dibutuhkan dan perlu didonasikan secara teratur menurut DokterSehat.

Baca Juga : Tips Diet Dengan Puasa Daud

Syarat Donor Darah

syarat donor darah

 

  1. Umur minimal 17 tahun. Di usia ini, perkembangan tubuh telah sempurna. Sehingga, mendonorkan darah tidak mengganggu sistem kerja tubuh
  2. Berat badan minimal 45 kg. Kurang dari itu, pengurangan darah dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan sistem kerja tubuh.
  3. Temperatur tubuh normal, antara 36,6 – 37,5 derajat Celsius.
  4. Tekanan darah normal, yaitu sistole 110 – 160 mmHg, diastole 70 – 100 mmHg.
  5. Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit.
  6. Haemoglobin wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%.
  7. Frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan.

Baca Juga : Tips Diet Saat Puasa

Manfaat Donor Darah

manfaat donor darah

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mendonorkan darah secara rutin membuat kadar zat besi dalam tubuh menjadi sangat stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung. Maka dari itu mendonorkan darah secara rutin setiap 3 bulan sekali akan mencegah terkena serangan jantung karena kadar zat besi dalam tubuh menjadi sangat stabil.

Baca Juga :  10 Cara Melakukan Diet Sehat Dan Alami yang Mudah

2. Melancarkan Aliran Darah

Sebuah yang dilakukan oleh Direktur bank darah Loyala University Health System yaitu Phillip DeChristopher, M.D., Ph.D, mengatakan jika darah mengalami hambatan untuk mengalir, maka dengan melakukan donor darah, aliran darah akan mejadi lebih baik. Donor darah itu bisa merusak lapisan pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan sehingga  nantinya penyumbatan arteri jadi lebih sedikit.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah

Melakukan donor darah dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Karena ketika mendonor, sel darah merah akan berkurang, Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh akan segera mengganti sel darah merah yang hilang ketika donor dalam waktu 2 minggu. Rutin melakukan donor darah akan membuat tubuh menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

4. Cek Kesehatan Gratis

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin kamu akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kamu akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darahmu , kamu pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kamu juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

5. Manfaat Donor Darah : Membakar Kalori

Menurut University of California, San Diego diperoleh data bahwa dengan mendononorkan darah secara teratur, kita juga dapat membakar kalori sebanyak 650 kalori setiap kalinya. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus melakukannya secara berlebihan karena kekurangan darah justru berbahaya bagi kesehatan.

6. Mengurangi risiko kanker

Donor darah dapat membantu kamu dalam mengurangi zat besi dalam tubuh. Kandungan zat besi yang berlebihan akan meningkatkan stress oksidatif dalam tubuh yang selanjutnya berdampak pada kerusakan sel dan perubahan metabolisme yang dijumpai pada kanker. Meskipun demikian, teori ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut.

Baca Juga :  10 Hari Turunkan Berat Badan, Dengan Menu Diet Saat Puasa Ini!

7. Memperpanjang usia

manfaat donor darah yang terakhir adalah dapat memperpanjang usia pendonor darah. Berbuat baik membuat kita hidup lebih lama. Menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun.

Baca Juga : Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Tips Donor Darah

tips donor darah

#1 Sebelum Mendonor

Tips donor darah yang pertama adalah sebelum kamu mendonorkan darah kamu cukupi lah asupan gizi dan cairan tubuh kamu. Kamu harus makan dan minum yang kaya akan zat besi. Seperti daging sapi, daging ayam, ikat, susu, dan kacang hijau. Usahakan untuk menghindari makanan berlemak, seperti fast food atau es krim, yang bisa mengecoh hasil tes darah.

Jika darah kamu mengandung terlalu banyak lemak, darah kamu tidak akan bisa diuji untuk penyakit menular dan darah Anda tidak bisa digunakan untuk transfusi. Hindari pula konsumsi alkohol menjelang hari-H donor darah. Selain itu sebelum kamu mendonorkan darah, kamu wajib tidur atau istirahat yang cukup sebelum hari H, itu sebagian syarat donor darah yang ditentukan PMI.

Baca Juga : Menu Diet Saat Puasa Efektif

#2 Setelah Mendonor

Setelah melakukan donor darah Perbanyaklah asupan cairan dan makanan. Hindari alkohol hingga 24 jam setelah donor darah. kamu bisa melepas perban 5 jam setelah donor. Jika kamu mengalami perdarahan, angkat lengan di atas kepala dan berikan tekanan sampai perdarahan berhenti. Jika terasa sakit, kompres es selama 24 jam pertama. Jika sakit berlanjut, kompres dengan air hangat. Jika kamu merasa lemas, pusing, atau mual setelah mendonorkan darah, hentikan segala hal yang sedang lakukan dan duduk atau berbaring selama beberapa saat sampai Anda merasa lebih baik.

Baca Juga :  9 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Aman Cepat Tanpa Efek Samping

Itu dia syarat donor darah dan manfaat donor darah sebagai informasi untuk kamu agar memberanikan diri untuk mendonorkan darahmu, karena setetes darah untuk menyelamatkan kehidupan. Kamu juga dapat menerapkan tips donor darah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan ketika melakukan pendonoran darah. Terima kasih, salam dan bahagia, jangan lupa bahagia.

Baca Juga : Motivasi Belajar dari Anime

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.