Rogjes
bahaya roti tawar

Bahaya Roti Tawar dan Manfaat Roti Tawar untuk Kesehatan

Bahaya roti tawar dan manfaat roti tawar. Roti tawar adalah makanan yang baisa dikonsumsi setiap pagi oleh masyarakat indonesia. Roti tawar pada mulanya adalah makanan rakyat masyarakat timur tengah. Seiring perkembangan zaman hingga sekarang roti tawar menjad makanan fovorit di berbagai belahan dunia. Maka dari itu masyarakat indonesia sangat gemar mengkonsumsi roti tawar.

Roti tawar memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar dan menjadi pengganti nasi disaat darurat. Roti tawar memiliki rasa yang hambar karena terbuat dari bahan tepung gandung dan tepung terigu. Maka dari itu ketika mengkonsumsi roti tawar lebih baik menggunakan tambahan bahan seperti susu, mentega, seres, atau keju, agar rasanya menjadi lebih baik.

Setiap makanan tentunya mengandung gizi untuk kesehatan tubuh manusia, tidak terkecuali roti tawar. Berikut adalah kandungan gizi dari roti tawar.

Kandungan gizi roti tawar :

  • Kalor : 220 kkal.
  • Lemak : 3 gram.
  • Lemak Jenuh : 1.5 gram.
  • Kolesterol : 0 mg.
  • Protein : 7 gram.
  • Karbohidrat : 37 gram.
  • serat : 1 gram.
  • gula : 2 gram.
  • sodium : 280 mg.

Secara umum roti dibedakan atas roti tawar dan roti manis. Roti tawar dapat dibedakan lagi atas roti putih (white bread) dan roti gandum (whole wheat bread). Sedangkan roti manis sendiri dibedakan atas dasar bahan pengisinya, seperti roti isi pisang, nenas, kelapa, daging sapi, daging ayam, sosis, coklat, keju, dan lain-lain.

roti merupakan produk yang paling pertama dikenal dan paling populer hingga saat ini. Komposisi roti tawar umumnya terdiri dari: 57% tepung terigu; 36% air; 1,6% gula; 1,6% shortening (mentega atau margarin); 1% tepung susu; 1% garam dapur; 0,8% ragi roti (yeast); 0,8% malt dan 0,2% garam mineral. Gula, walaupun dalam jumlah sedikit perlu ditambahkan ke dalam adonan roti. Hal ini karena gula berperan sebagai bagi pertumbuhan ragi roti (Saccharomyces cereviseae) untuk dapat menghasilkan gas karbondioksida (CO 2) dalam jumlah yang cukup untuk mengembangkan adonan secara optimal.

Baca Juga :  10 Hari Turunkan Berat Badan, Dengan Menu Diet Saat Puasa Ini!

Dari kandungan gizi tersebut dapat dikatakan bahwasanya roti tawar adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi dalam porsi yang secukupnya saja. Sebelum kamu makan roti tawar telalu banyak setiap hari, lebih baik kamu ketahui terlebih dahulu manfaat roti tawar dan bahaya roti tawar untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut adalah manfaat roti tawar dan bahaya roti tawar untuk tubuh kamu.

Manfaat Roti Tawar Untuk Kesehatan Tubuh

bahaya roti tawar

1. Manfaat Roti Tawar : Sebagai Penambah Tenaga

Karena roti tawar mengandung karbohidrat yang cukup tinggi maka kamu bisa mendapatkan manfaat roti tawar sebagai penambah energi. Jika kamu mengkonsumsi roti tawar di pagi hari ketika sarapan kamu akan mendapatkan tambahan energi untuk beraktivitas dan fokus hingga siang hari.

Energi yang diperoleh oleh tubuh ketika merasakana energi dari roti tawar adalah seberapa banyak lembar kamu mengkonsumsi roti tawar karena dalah dua lembar roti tawar terdapat 37 gram karbohidrat untuk tubuh kamu. Jadi rogjes merekomendasikan kamu untuk mengkonsumsi 4 lapis roti tawar untuk sarapan pagi. Maka dari itu Roti tawar memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam sarapan pagi kamu.

2. Manfaat Roti Tawar : Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh

Roti tawar dapat menambah kebutuhan vitamin dalam tubuh karena roti tawar memiliki kandungan vitamin didalamnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu kandungan vitamin yang terdapat dalam roti tawar adalah vitamin b. Untuk mendapatkan vitamin dari mengkonsumsi roti tawar adalah dengan mengkonsumsinya dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan berujung tidak baik untuk tubuh.

3. Manfaat Roti Tawar : baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari roti tawar adalah baik untuk kesehatan tulang. Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporisis pada tulang. Maka sangat dianjurkan mengkonsumsi roti tawar sebagai sarapan dengan porsi yang cukup. Hal ini disebabkan karena roti tawar memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

4. Manfaat Roti Tawar : Mengandung Serat

Serat merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar. (wikipedia). Maka dari itu dengan mengkonsumsi roti tawar dalam jumlah yang cukup akan membuat tubuh menjadi bertenaga dan memperlancar pencernaan karena roti tawar hanya memerlukan waktu selama 2 jam untuk dicerna oleh tubuh.

Baca Juga :  19 Resep Dan Cara Membuat Roti Bakar Yang Praktis, Mudah Dan Enak

5. Manfaat Roti Tawar : Alternatif Program Diet

Untuk kamu yang sedang dalam program diet, kamu bisa menggunakan roti tawar sebagai makanan pengganjal perut kamu ketika lapar. Tentu saja mengkonsumsi roti tawar pun tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan bahaya pada tubuh kamu. Salah satu program diet adalah dengan membatasi kalori yang masuk dan membakar habis kalori secara keseluruhan. Salah satu sarapan yang baik untuk diet merupakan dengan mengonsumsi roti tawar. Hal ini di sebabkana karena roti ini memililki kandungan kalori yang tidak banyak.

Itu dia manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengkonsumsi roti tawar dengan porsi yang cukup. Namun jika kamu mengkonsumsi roti tawar secara berlebihan tentu saja berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Dan tentu saja tidak baik jika mengganti nasi dengan roti tawar karena . Berikut adalah bahaya mengkonsumsi roti tawar secara berlebihan.

Baca Juga : 14 Resep Puding Roti Tawar

Bahaya Roti Tawar Untuk Kesehatan Tubuh

bahaya roti tawar

1. Bahaya Roti Tawar : Tidak Mengandung Nutrisi yang Cukup

Roti tawar memang mengandung beberapa vitamin dan karbohidrat. Tentu saja dengan asupan gizi seperti itu akan membuat perut menjadi lebih kenyang. Namun karena roti tawar memiliki kandungan nutrisi yang sangat sedikit, maka makanan ini tidak cocok dijadikan sebagai makanan pokok atau pengganti nasi. Tetapi roti tawar bisa dijadikan sebagai sarapan. Maka dari itu mengkonsumsi roti tawar harus dalam porsi yang tepat, untuk mendapatkan manfaat serta terhindar dari bahayanya.

2. Bahaya Roti Tawar : Kandungan Sodium yang Tinggi

Roti tawar mengandung sodium yang sangat tinggi. Jika tubuh mendapatkan asupan sodium yang tinggi secara terus menerus maka akan menyebabkan penyakit jantung dalam jangka waktu panjang. Jika kamus ering sekali mengkonsumsi roti tawar, maka kadar garam yang ada dalam tubuh kamu akan meningkat dan dalam jangka waktu panjang akan menimbulkan serangan jantung.

Baca Juga :  Cara Membuat Mie Lidi dengan Banyak Rasa yang Mudah dan Enak!

3. Bahaya Roti Tawar : Tidak Membuat Kenyang dalam Waktu lama

Roti tawar memang dapat dijadikan pengganjal perut ketika pagi hari atau keadaan darurat. Namun roti tawar sendiri tidak dapat menahan rasa lapar dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena karbohidran dalam roti tawar tidak sebanyak yang dimiliki oleh nasi. Selain itu waktu yang diperlukan untuk mencerna roti tawar adalah 2 jam. Sehingga kamu akan segera merasa lapar beberapa jam kemudian setelah mengkonsumsi roti tawar.

4. Bahaya Roti Tawar : mengandung Sirup jagung Fruktosa

Sirup jagung fruktosa adalah sejenis gula yang kurang baik jika dikonsumsi berlebihan oleh tubuh. Sama seprti halnya makanan olahan lainnya. Roti tawar memiliki kandungan sirup jagung fruktosa yang sangat tinggi yang bisa menyebabkan gula darah kamu meningkat jika mengkonsumsinya secara berlebihan

5. Bahaya Roti Tawar : Mengandung Glutten (Protein Jahat)

Roti biasanya terbuat dari gandum, dan gandum memiliki kadat glutten yang sangat tinggi. Jenis protein ini menimbulkan penyakit seliaka, yaitu suapu penyakit yang menyebabkan perut terasa sakit setelah mengkonsumsi makanan. Maka dari itu tidak baik jika setiap harimengkonsumsi roti tawar.

Selain dari bahaya roti tawar diatas, roti tawar juga mengandung zat berbahaya diantaranya :

  • Calcium Propianate (penyebab penyakit ADD (Attention Deficit Disorder)).
  • Potassium Bromate menimbulkan sel kanker (carcinogenic)

Itu dia manfaat dan bahaya dari roti tawar yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan akan mengkonsumsinya setiap hari. Karena setiap hal yang dimakan secara berlebihan dapat berakibat bukuk pada kesehatan tubuh. Salam dan bahagia.

 

Baca juga artikel lainnya :

bahaya roti tawar, Resep puding roti tawar ,cara membuat mie lidiresep seblak bandungmanfaat dan bahaya seblak

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.